Potensi Madu Ternak di Indonesia

16 Nov

Madu Ternak | Merupakan sebuah potensi alam yang dimiliki oleh Indonesia sebagai penghasil madu terbesar di dunia. Mengapa demikian karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang begitu banyak dan kaya akan hayati yang beraneka ragam. Dengan alam yang indah serta terdapat banyak varietas tumbuhan maupun hewan yang hidup dan tumbuh berkembang. Peluang usaha yang dapat  dikembangkan dari sector agro industry  selain hasil alam lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dari sekian banyak peluang usaha yang dapat di gali dan dikembangkan dari dunia agro industry adalah peternakan hewan lebah.  Lebah dikenal sebagai hewan penghasil madu yang dapat dikembang biakan oleh masyarakat. Produk yang dapat dihasilkan oleh lebah dapat berupa madu, propolis, lilin, bee pollen dan masih ada beberapa produk lagi yang dapat dihasilkan dan juga dikembangkan oleh masyarakat Indonesia.

Madu Ternak

Madu Ternak

Madu alami merupakan salah satu produk unggulan dari lebah yang sudah terkenal luas dan terbukti khasiat nya. Madu selain sebagai suplemen yang baik bagi tubuh dapat di jadikan sentra industri yang menjanjikan baik dari segi ekonomi maupun dari sisi pelestarian baik di hutan maupun didaerah lain yang banyak perkebunan nya.  Selain itu juga lebah dapat dijadikan sumber pengobatan alami yang berkhasiat dan efektif bagi kesehatan manusia. D Indonesia dikenal beberapa jenis lebah yaitu lebah liar dan lebah ternak atau dalam bahasa latin adalah lebah apis dorsata dengan lebah apis mellifera. Lebah apis dorsata biasanya dapat di temui di hutan hutan dan menghasilkan jenis madu hutan sedangkan lebah apis mellifera lebah yang dapat diternakan biasa menghasilkan madu ternak.

Kedua jenis madu yang dihasilkan oleh lebah tersebut memiliki khasiat berbeda beda. Selain khasiat kedua jenis madu baik itu madu hutan maupun madu ternak memiliki karakteristik yang berbeda seperti rasa, warna tergantung dari jenis pohon yang diambil sari bunganya. Ada rasa madu yang pahit, manis bahkan ada yang mempunyai rasa asam. Dengan potensi alam yang dimiliki ini lah membuat usaha peternakan madu mempunyai masa yang depan yang cerah karena selain dari sisi ekonomi dari sisi pelestarian alam pun dapat diperoleh dari peluang bisnis ini. Salah satu pebisnis madu dapat mengunjungi alwadeyonline.com.

2 Responses to “Potensi Madu Ternak di Indonesia”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenal Jenis Lebah Penghasil Madu Ternak « Madu Ternak - November 21, 2012

    […] liar atau dikenal sebagai lebah Apis Dorsata, sedangkan yang dapat diternakan untuk menghasilkan madu ternak adalah jenis lebah Apis Mellifera, jangan salah jenis lebah ini lebah import loh, sedangkan untuk […]

  2. Strategi Beternak Lebah untuk Menghasilkan Madu Ternak « Madu Ternak - November 29, 2012

    […] modal akan kebutuhan lahan, pembuatan kandang dan juga biaya pakan dapat di minimalisir dan hasil madu ternak dapat bervariasi jenisnya tergantung jenis tanaman […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: