Strategi Beternak Lebah untuk Menghasilkan Madu Ternak

29 Nov

Madu Ternak | Saat ini banyak orang yang mengkonsumsi madu baik sebagai suplemen maupun sebagai alternatif pengobatan. Banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh para ilmuan terkait tentang khasiat madu bagi manusia. Banyak sekali manfaat khasiat madu yang dapat diperoleh ketika kita mengkonsumsi madu dan tidak  perlu disangsikan lagi.  Madu dikenal sebagai makanan dan suplemen yang mengandung gizi tinggi, bahkan sejak zaman zaman Mesir dan Yunani Kuno madu sudah dikenal dan dikonsumsi dan juga larutan madu juga dimanfaatkan sebagai zat pengawet daging binatang buruan dan mumi raja-raja Fir’aun. Dibelahan bumi yang lain diyakini bahwa madu dapat memperpanjang umur orang yang mengonsumsi nya.

Madu Ternak

Madu Ternak

Dengan semakin banyaknya orang yang mengkonsumsi madu diperlukan sebuah usaha untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumsi akan madu baik itu madu hutan maupun madu ternak yang berasal dari peternakan lebah. Pembudidayaan lebah pada awalnya dilakukan dengan menggunakan gelodog kayu, dengan  berkembangnya ilmu pengetahuan dan juga hasil uji coba saat ini para peternak lebah beralih menggunakan sistem stup untuk beternak lebah. Sistem ini dibuat untuk mengadopsi bentuk kandang berdasarkan bentuk rumah-rumah lebah dalam kehidupan liar. Dalam menjalankan sektor usaha peternakan lebah ini masyarakat yang ingin memulai usaha peternakan tidak membutuhkan keahlian khusus sehingga semua orang dapat memulai usaha di bidang peternakan lebah.

Untuk memulai usaha beternak lebah tidak memerlukan lahan yang luas, selain itu juga tidak perlu mengeluarkan investasi besar untuk membuat kandang dengan biaya besar, biaya pakan, obat-obatan atau kesehatan bagi lebah yang di ternakan. Saat ini yang biasa ditemui adalah kendala bagi peternak lebah adalah semakin menipisnya jumlah ketersediaan pakan. Untuk mengatasi masalah ini para peternak menggunakan sistem flying system pada peternakan lebah. Maksud dari jenis peternakan ini adalah usaha yang  tidak punya mempunyai lahan atau lokasi yang tetap. Para peternak lebah mengikuti musim berbunga tanaman tertentu sehingga lokasi peternakan nya pun berpindah-pindah. Sehingga modal akan kebutuhan lahan, pembuatan kandang dan juga biaya pakan dapat di minimalisir dan hasil madu ternak dapat bervariasi jenisnya tergantung jenis tanaman nya. Lebih jauh tentang usaha madu dapt mengunjungi alwadeyonline.com.

One Response to “Strategi Beternak Lebah untuk Menghasilkan Madu Ternak”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Jenis Pakan Untuk Menghasilkan Madu Ternak « Madu Ternak - December 12, 2012

    […] berbunga sepanjang waktu dan waktu tertentu saja. Ada banyak jenis pohon yang dapat menghasilkan madu ternak yang berkualitas diantaranya adalah jenis pohon pisang, jagung, dan juga jenis semak yang dikenal […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: